Pas Foto Urus Visa Schengen

"Mbak, bikin pas foto dengan background putih ukuran 3x4 ya."

Untuk perjalanan ke Norwegia pertama kali ini, pihak pengundang (Edelman) menginformasikan untuk menyiapkan pas foto terbaru (tidak lebih dari 3 bulan) dengan background putih ukuran 3x4 untuk keperluan mengurus visa Schengen.

"Ibu mau buat apa pasfotonya?"

Pikir-pikir, kok mbak ini kepo banget yaaa... mau gue buat apa kek tu foto, emang harus pengumuman ke dia??
Setengah dongkol, gue jawab sekenanya aja, "buat visa"

"Visa kemana, bu?"

 

Iiiissh, tambah kesel dech.

"Eropa, Mbak...Schengen."

hahahaha....si mbaknya kemudian menjelaskan panjang lebar...

"Kalo mau ngurus visa Schengen, ukurannya 3,5x4,5, bu... trus prosentase mukanya harus 75% di pas fotonya," -- sambil nyodorin catatan dia tentang standar bikin pas foto.

Laaah, bengong dech guweee...

"Ya sut lah, Mbak..bikinin yang 3x4 sama yang ukuran nanggung sesuai dengan ketentuan yang Mbak tunjukin ya." -- menyerah sama si Mbak

------------------------------

Ternyata, pada saatnya mengurus visa, diantara 6 orang...foto gue termasuk di yang paling bener aja...thanks to Mbak nya yang gue ga tau namanya itu.
Berkat kekepoannya, gue ga perlu mondar-mandir foto lagi  :)

Komentar

  1. Hahahaha kocak juga lo non ga percaya gitu sama mba2 tukang fotonya :P

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer