[Info Kuliner] Kue Kecik

Kue ini sebenernya kue yang udah saya kenal sejak kecil. Inget dulu di kamar eyang putri, selalu ada setoples kue kecik ini di deretan toples cemilannya. Itu kenapa saya suka mindik-mindik masuk ke kamarnya dan nyomot segenggam buat dicemil sendiri..hehehe...maaf ya, yang.

Tapi, yang jadi misteri selama ini adalah gimana cara eyang putri saya makan dengan giginya yang ompong, padahal si kue kecik ini lumayan keras buat digigit dengan gigi yang lengkap seperti gigi saya sekalipun. (???)




Satu merk yang dari dulu juga saya beli adalah merk Roti Ganep. Udah jarang banget yang jual kue ini. Tapi kemarin di perjalanan pulang dari Jogja, kami lewat jalan darat mengendarai mobil melalui jalur selatan dan utara, saya menemukan kue kecik ini di beberapa mini market. 

Di Jakarta, kue kecik sesekali saya temukan di pusat toko makanan oleh-oleh. Salah satunya di ITC BSD, lantai dasar.

Terakhir saya membeli, bungkus besar seharga 30ribu rupiah, di bagian belakang kemasan ternyata ada sedikit sejarah kue kecik. Waaah, jadi penasaran apa sebenernya kue kecik ini  yaaa...

Sebenernya namanya bukan kue kecik...tapi ROTI KECIK. 
Menurut kemasan Roti Kecik merk Roti Ganep ini (saya coba kutip yaaa)...

Roti Keci...
Camilan yang terbuat dari 100% beras ketan dengan proses disangrai ditambah gula pasir dan telur ayam, sehingga rendah kolesterol, tanpa bahan kimia tambahan, kalau dimakan berbunyi 'tuk' yang khas.

Mengapa namanya Roti Kecik...
diilhami dari tanaman sawo kecik yang banyak tumbuh di halaman dalam Keraton Kasunanan Surakarta.

Asal muasal Roti Kecik...
Resep asli yang dimiliki oleh Ny. Auw Liek Nio atau lebih dikenal dengan Nyah Ganep, julukan yang dianugerahkan oleh Sinuhun Pakubuwono X sejak tahun 1881.

Fakta sekarang...
Roti kecik bukanlah nama generik barang seperti roti marie, bakpia, donat, bolu, dsb. Namun roti kecik adalah sebuah merek dagang yang terdaftar secara resmi di Dirjen HAKI dengan nomor........
 



Jadi, kira-kira kebaca kan, sejarah nya Roti Kecik kesukaan Eyang Putri yang juga jadi kesukaan saya selama ini.

Setelah googling, saya menemukan sebuah artikel menarik tentang Roti Kecik ini. Monggo di klik link ini untuk lebih lengkapnya.... Terasolo

Atau bisa visit website Roti Ganep juga untuk lebih jelasnya :) www.rotiganep.com 

No comments