Tokyo Banana

Banyak banget yang emang lagi tergila-gila dengan kue berbentuk pisang ini. Lucu ya, sekilas memang terlihat seperti buah pisang beneran. Tapi, percaya dech foto di atas adalah kue pisang atau banana cake.





Tren kue berbentuk pisang ini diimpor dari Jepang. Namanya Tokyo Banana. Dikemas dalam kemasan yang cute, Tokyo Banana dikenal sebagai oleh-oleh dari Jepang yang khas. Sebenarnya adalah bolu Jepang yang proses memasaknya dikukus hingga bertekstur lembut, lalu digulung dan diberi krim dengan perasa pisang. 



Tokyo Banana Miitsuketa ini mulai dijual pada tahun 1991.  Hebatnya, penjualan produk ini mencapai hingga 4 miliar Yen setiap tahunnya. Itulah mengapa akhirnya dibuat menjadi banyak varian. Di antaranya adalah rasa original, karamel, cokelat, banana pie, cream puff dan masih banyak lagi.



Nah, di Indonesia... tren kue berbentuk pisang ini sudah mulai menjamur.
Berbeda dengan Tokyo Banana yang asli, di Indonesia bentuknya memang menyerupai pisang, tetapi jenis kue di dalamnya lebih banyak menggunakan banana cake yang dipanggang di dalam cetakan cake berbentuk pisang. Selanjutnya, cake pisang ini kemudian dicover dengan lelehan cokelat warna kuning atau hijau (menyerupai pisang) dan diberi motif guratan pisang dengan menggunakan lelehan cokelat (warna cokelat beneran :)).



Hanya saja setelah saya coba..... hmmmm, banana cake dengan cover cokelat ini rasanya jadi maniiiis banget. 
Tetap Tokyo Banana asli yang menggunakan sponge cake Jepang (eh, atau cotton cake ya??) dengan krim rasa pisang...lebih yumm!

Komentar