[Catatan Perjalanan] Siapa Ya yang Gue Suruh Bertelor??



Hari kedua di Frankfurt...

Tujuan utama perjalanan ini adalah memang event Frankfurt Book Fair 2016. Opa Bara diundang untuk memperkenalkan makanan Indonesia di acara itu. 


Trus kenapa ngajak gue?
Banyak sebenernya keuntungan ngajak gue. Pertama karena pasti suasana perjalanan jadi lebih seru (ya iya karena perginya agak rame kan yaaa). Kedua karena gue ini ringan tangan, bisa ngapain aja. Diajak seneng hayuk, susah nggak mau... :p
Hahahaha.. Nggak siy, gue bantuin kok Opa siap-siap buat acaranya :)

Lalo: Jadi Una bantuin Opa apa?
Gue: Bantuin masak
Lalo: Una kan ga bisa masak.
Gue: Emang.. ga bantuin masak beneran sih dek. Paling bantuin motong-motong bahan yang harus dimasak.
Lalo: Udah sampe Frankfurt kok kerjaannya motong-motong *ngeloyor
Gue: )*(^!@#%&!@()&*

Jadi, gue di-nyek sama Lalo. Hahaha.. biarin! Yang penting gue bisa jalan-jalan liburan..:p

Nah, beneran deh, di hari kedua kita sudah harus siap-siap buat presentasi Bara di Gourmet Gallery di Frankfurt Book Fair 2016. 

Alhamdulillahnya ada bala bantuan datang. Adalah seorang wanita Indonesia bernama Dita (atau akrab dipanggil Ditsy) yang datang dari Munchen untuk bantuin kita. Hehehe.. sebenernya Ditsy ini cuma kangen doang sama Opa dan Gondes (sama gue belom kenal waktu itu).. trus karena tau jadi pengen nyamperin di Frankfurt. Cuma ya itu syaratnya, harus bantuin masak. :D jadilah Ditsy kita julukin "infal dari Munchen" :p

Kita mulai dari siang menjelang sore. Karena siangnya Opa masih harus briefing dulu dan kita makan siang dulu di... mall kesayangan hahahaha!

Padahal semua bahan-bahan udah disiapin sama Tiyo (asistennya Opa) dari Jakarta. Cuma yaaaa.. namanya masak kan rempong. Banget!
Jadi acara masak hari itu berlangsung hingga jam.... 1 dini hari. Itu juga karena kita udah lelah tak berdaya karena ga istirahat sama sekali. Bertiga di dapur (kok bertiga?? Gondes?? Gondes sakit flu! Jadi minum obat dan langsung tidur!) cukup bikin kita gerabag gerubuk. Udahlah dapurnya mini, badan kita (hmm, gimana nyebutnya ya...hahahaha).. WAH deh pokoknya.. lumayan bikin sumpek :p

Acaranya jam 2 siang.. kita bangun pagi-pagi dan masih masak. Sementara udah dijemput sama panitia jam 1 (kalo di sana, jam 1 ya JAM 1 yaaa). 

Daaan, yang disiapin masakannya ada 22 menu! *daaank


Plus siap-siap buat yang didemoin di panggung ada 2 menu (semur dan klapertaart)

Siap ga siap kita udah harus berangkat ke venue. Barang diangkut pakai mobil sampe mobilnya penuh dan kita? Jalan kaki ajyaaaa. hahahaha..


Demo masak yang bikin deg-degan

Tatanan meja Rijstaffel


Sampe sana, pindah-pindahin masakan ke piring saji, nyusun displaynya dan siapin bahan-bahan untuk demo. 
Di tengah-tengah demo.. tiba-tiba opa manggil dengan mic nya... "mbak nonon.. boleh tolong telur nya belom ada di sini"

MATI DEH GUE! TETIBA KEINGET ITU TELOR MASIH DI DEKET KOMPOR. Ga gue masukin tas karena takut kegencet dan pecah!!

Whuuaaaaa!! apa jadinya bikin klapertaart ga pake telor.
Sambil mikir "siapa yang harus gue suruh bertelor nih yaaa". Mau nanya sama Roland si empunya kitchen, kok kayaknya ga mungkin dia punya juga.

Akhirnya inget kalo di booth depan ada boothnya Tim Kuliner Indonesia yang lagi cooking class. Bodo deeeh, belom say hello.. gue langsung lari ke booth depan, ninggalin Ditsy yang bengong ga jelas karena bingung juga.. teriak ke chef Budi dan Chef Astrid buat minta telor. Hahaha.. mereka berdua pada bingung, ini orang siapa?? dateng-dateng minta telor. 

Alhamdulillah dikasih dan gue bilang, "makasih yaaaa.. atas nama Opa! kenalannya abis ini yaaaa..." balik lari lagi ke panggung. Hahahaha.. kasian budi dan Astrid, gue tinggalin bengong-bengong sendirian.


Pengunjung rame-rame nyicipin

Acaranya sukses besar.... semua yang dateng seneng banget. Makanan yang didisplay habis licin ga bersisa, termasuk pete dan sambel. Hehehehe.



Opa jelasin aneka masakan dari daerah-daerah asalnya


Akhirnya selesailah demo masak dan segala atributnya.. lega!!!!
Urusan utama pergi ke Frankfurt buat gue, selesai! hehehehehe...

Yang mau baca liputannya ada di sini 


Tinggal jalan-jalan deeehh....




No comments