[Catatan Perjalanan] Manneken Pis - Brussels, Belgia

Jalan-jalan ke Brussels, Belgia, belum sah rasanya kalo belum ke Manneken Pis atau bahkan berfoto di sana. Manneken Pis emang menjadi satu icon kota Brussels.

Pasti di bayangan kita kalau dibilang sebagai satu icon sebuah kota, tentunya kita akan menemukan sebuah obyek yang besar, yang terlihat dengan mudah oleh orang. Tapi ternyata ketemu dengan si patung ini, kita akan dibuat.. "Hah??!!"

Patung anak lelaki kecil telanjang yang sedang pipis dan memancurkan airnya ke dalam baskom ini terbuat dari perunggu. Arti nama Manneken Pis sendiri dalam bahasa Belanda adalah "orang kecil yang sedang pipis". Dalam bahasa Perancis, bahasa yang digunakan di Brussels, Manneken Pis disebut dengan nama Petit Julien.

Si patung anak kecil ini bener-bener kecil loh!
Ukurannya cuma 61 cm dan letaknya agak ke atas. Cuma ya itu, jadi mudah ditemukan karena emang pasti banyak orang berkerumun di sana untuk berfoto. 

Patung ini dirancang oleh Hieronymus Duquesnoy Elder dan ditempatkan di sana antara tahun 1618 atau 1619. Lokasinya ada di persimpangan Rue de l'Eltue atau Stoofstraat dan Rue du Chene  atau Eikstraat. Jadi kalau kita jalan-jalan di Balai Kota Brussels atau atau yang terkenal dengan sebutan Grand Place, kita berjalan sedikit melalui Rue Charles Buls atau Karel Bulsstrat.

Ada beberapa legenda yang berkembang dari adanya patung yang seringkali hilang ini. Tapi satu kisah yang paling terkenal yaitu betapa seorang anak kecil bernama Julianske yang menyelamatkan kota dengan mengencingi sekring yang terbakar pada abad ke-14, ketika Brussels dikepung oleh asing.

Sebagai icon terkenal dari kota Brussels, patung kecil telanjang ini akan dipakaikan kostum sesuai momen pameran yang sedang berlangsung di dalam Museum Kota. Kostum-kostumnya dikelola oleh asosiasi non-profit "The Friends of Manneken Pis".


Pernah suatu kali, Brussels yang terkenal dengan bir nya, juga diterapkan pada Manneken Pis. Air mancur yang diartikan sebagai pipisnya patung anak kecil ini diganti dengan bir dan siapa saja yang lewat di depannya bisa menadahkan aliran bir ke dalam cangkir atau gelas yang dibawanya.

Komentar

Postingan Populer