How I Start Curly Baker



naahh...
Awalnya banget kenapa bisa ada Curly Baker...
Ya gara-gara kukis-kukis ini.

Hmm..
Mau ditarik lagi ke belakang sih sebenernya adalah di waktu hamil Lalo.
Entah kenapa, waktu hamil Lalo itu pengeeeen banget makan kue-kue hotel macam opera cake.. tiramisu de el el deh..

Tapi ternyata, ga cuma pengen makannya aja.
Karena setelah makan, malah jadi penasaran gimana cara bikinnya ya kue-kue itu.

Terlebih waktu Naya ulang tahun yang ke-1.. sebelumnya..
Pesen kue ke alm mbak Ruri di Bintaro.. 
Pas dateng kuenya.. gue pandang-pandangin itu kue..

"kok ya, mbak Ruri pinter bangeeeeet bisa bikin kue dan kukis enak dan cakep-cakep begini..."

Cari-cari info dooong, gimana cara belajarnya..
Kebetulan, waktu itu juga lagi disuruh pegang program kerjasama dengan acara TV, Gula Gula sama Opa Bara...

Ga mau keliatan tolol pas lagi liputan..
Jadi paling ga gue udah belajar dikit-dikit tentang bahan apa aja buat bikin kue..
Termasuk juga teknik-teknik dasar..

Yaaa..
Pikir gue kaaann.. paling ga dasar-dasarnya aja gue tau..
sisanya, yang susah-susah bisa blaga nanya aja sama Opa...

Sejak itu mulai bergerilya tuh, cari informasi sana-sini..
Gabung sama komunitas masak dan bikin kue.. biar tau info terbaru..
Trus ikutan kursus bikin kue di rumah Mbak Ruri di Bintaro, dalam keadaan hamil besaaaar

jadi digodain sama peserta yang lain karena waktu nyatet kebetan.. gue nyatetnya di atas perut besaaar.. hahahahahaha

Yang paling blagu adalah materi yang gue pilih ga tanggung2 untuk kursus pertama.
Gue pilih materi "CAKE INTERNASIONAL"!!

Boooooo...
Cake dasar ajeeee gue belom ngerti yaaaaakk!
pake belagu pulak cake international.. ckckckckckckck
Bikinnya... opera cake, tiramisu, sacher torte dan black forest.. 
Tuuuh kan, masih inget gue apa aja.. :p

Dari situ..
akhirnya mulai beli satu-satu peralatan baking.. karena pengennya bisa nyoba bikin ini bikin itu..
Jadi mulai beli peralatan sesuai dengan resep yang mau dicoba.

Sebulan pertama..
4 minggu berturut-turut gue nyoba bikin kue soes. 
selama 4 minggu berturut-turut itu juga.. Naya kecil makanin kue sus bantet.
Hahahaha..

Sampe ayah nanya, "ini ga ada menu lain selain kue soes ya, na?"
Mungkin dalem hati bilang "pegel juga nih makan soes bantet" hahahaha..

Waktu itu cuma gue jawab.. "yaaah, selama bikin kue soesnya belom sukses.. berarti akan ada kue soes itu aja setiap minggunya"

Glek!

Jangan ditanya yaa..
Naya kecil belom bisa protes waktu itu.
Eh tapi sampe sekarang... soes bantet atau ngembang... ya dia doyan2 aja tuh. :p

mulai saat itu, mulai rajin bikin kue kalo anaknya ulang tahun.
Paling ga setiap ulang tahun bunnies.. gue selalu menantang diri gue sendiri untuk bikin kue yang berbeda.

Mulai dari yang gampang..
hias pake mainan.. trus mulai agak susah ke edible picture..
trus beranjak jadi barbie cake..
trus mulai berani bikinin kalo ada ponakan yang ulang tahun juga..

masih gratis tuuuhh..
Sampe pas gue sendiri yang ulang tahun.. ditawarin kado sama Mama..
tanpa ragu-ragu waktu itu gue bilang, "Ma.. mau dong dikadoin satu set cookie cutter Wilton yang isinya 101pcs"



Waktu itu..
belom ada yang jual si set cookie cutter itu di Indonesia.
Kalo mau beli harus pesen dan nunggu 3 bulan..
Harganya juga lumayan laaah..

begitu udah lumayan bisa bikin kue..
Pas mau Natalan.. kira-kira bulan Oktober deh..
Gue bongkarin itu cookie cutter.
Rupanya ada set untuk tema Natal.
Mulai cari-cari ide dari internet sampe akhirnya bikin sample kayak gambar yang di atas.
(iya itu yang di atas adalah foto sample buat jualan).

Mulai deh minggu akhir Oktober, gue bikin kuenya..trus difoto.
Niatnya sik iseng-iseng aja.. dengan ekspektasi kira-kira dapet order 100 pcs lah yaaa.. secara ga ada yang tau juga gue bisa bikin kue kan..

Terima lah order.. untuk dikirim menjelang Natal...
Daaaannn sodara-sodaraaaa... ternyata akhir november.. gue itung-itung.. orderan yang masuk udah 900 sekiaaaan, hampir 1000 pcs.
OMAIGAAATT!!!

Alhamdulilaaah sik yaaa
Cuma ga ngira ajaaaa...
dari harapan 100 pcs ternyata malah 1000 pcs.
Ga berani cancel juga karena udah order kan yaaa.. masa mau dicancel.
Kan ceritanya mau ngebina pelanggan..
Jadi iya in aja..

Semua dikerjain sendiri.. 
Sampe paaaaaaas malam Natal.. suara gue ILANG!
hahhaha...

Tapi.. 
Beneran worthed banget! nget! nget!
Ga cuma dari segi pendapatan.. 
tapi pengalaman..

Dan akhirnya berani bikin nama "CURLY BAKER"
Yeeesss!


No comments